08:00 am - 06:00 pm
LP2AI UNISMUH MAKASSAR IKUTI AUDIT EKSTERNAL ISO 21001:2018

LP2AI UNISMUH MAKASSAR IKUTI AUDIT EKSTERNAL ISO 21001:2018

LP2AI.UNISMUH.AC.ID. MAKASSAR – Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Universitas Muhammadiyah Makassar mengikuti kegiatan Audit Eksternal ISO 21001:2018 tahap kedua. Kegiatan berlangsung di Lantai 14 Gedung Iqra Universitas Muhammadiyah Makassar, Jalan Sultan Alauddin No.259 Kota Makassar, Senin 07 Agustus 2023.

Jasa ISO merupakan jasa yang dapat membantu perusahaan untuk kesuksesan proses sertifikasi ISO. Dengan jasa ISO ini perusahaan dapat melakukan persiapan hingga proses akhir pengajuan ISO secara lebih mudah karena jasa ini akan terus mendampingi. Saat ini ISO menjadi incaran perusahaan agar nantinya perusahaan tersebut dapat bersaing memperoleh kepercayaan konsumen serta dapat masuk perdagangan dan persaingan internasional.

Dengan harapan bahwa Universitas Muhammadiyah Makassar mampu meraih sertifikasi ISO 21001:2018 tahap II, berbekal persiapan dan arahan dari Tim Auditor ISO 21001:2018 pada tahap I lalu, maka Tim LP2AI selaku lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan wakil rektor 1 bidang akademik sudah mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dan menjadi syarat terpenuhinya sertifikasi ISO 21001:2018.

Acara Audit dibuka langsung oleh Ketua LP2AI Nasrun Syahrir, yang menegaskan bahwa pentingnya sebuah komunikasi dan koordinasi dalam sebuah lembaga/institusi sehingga terciptanya suasana akademik yang sehat dan tentunya berstandar nasional. Sehingga tercapainya standarisasi mutu pendidikan tinggi yang berkulaitas dalam mengukur ketercapaian mutu dan kualitas pendidikan dari waktu ke waktu. Saat ini, standar mutu dan kualitas pendidikan yang diadaptasi oleh perguruan tinggi adalah ISO 21001:2018.

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang diantaranya yaitu Wakil Rektor 1 bidang akademik Abd. Rakhim Nanda yang meninjau langsung proses audit di LP2AI. Selanjutnya Nasrun memberikan pemaparan tentang program kerja yang telah dan akan di lakukan oleh tim LP2AI dalam mendukung proses akreditasi ISO dan akreditasi institusi menuju kampus unggul.

Selain itu, Andi Malawakkan Firdaus selaku ketua divisi kurikulum dan MBKM mendemokan sistem LP2AI yang sudah berbasis IT mengenai administrasi dan atau dokumen program studi (prodi) sampai kegiatan kementerian akan di integrasikan ke dalam sistem LP2AI yang mulai dikembangkan dan disesuikan dengan kebutuhan lembaga. Dan ini merupakan bukti kesiapan dan keseriusan tim LP2AI siap mengikuti ISO 21001:2018.

Ditambahkan oleh Nasrun Syahrir bahwa semua program kementerian akan menjadi prioritas dalam pengembangan kedepannya sehingga mampu menjadi bagian dari Indonesia Emas tahun 2045, yang kemudian disambut gelagak tawa oleh tim auditor dan para hadirin yang ada di forum tersebut. (AR/13)