08:00 am - 06:00 pm
PELEPASAN MAHASISWA OUTBOUND

PELEPASAN MAHASISWA OUTBOUND

LP2AI.UNISMUH.AC.ID. MAKASSAR – Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) Universitas Muhammadiyah Makassar melakukan pelepasan mahasiswa outbond Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kegiatan berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis 10 Agustus 2023.

Terkait PMM 3 tersebut adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman studi yang unik di kampus tujuan selama 1 semester penuh dan bisa mendapatkan pengakuan atau rekognisi pembelajaran 20 sks.

Pada acara pembukaan yang dilakukan secara daring, ketua LP2AI Dr. Nasrun Syahrir menjelaskan kepada semua peserta PMM 3 yang sudah dinyatakan lulus bahwa” mengingatkan kepada semua teman-teman mahasiswa yang sudah lolos di 35 kampus tujuan dari 90 mahasiswa Unismuh Makassar ini, bahwa pertukaran ini merupakan bagian penting untuk perkembangan intelektual, pengalaman belajar serta jenjang karir teman-teman di masa yang akan datang”. dan akan dilepas langsung oleh wakil rektor bidang akademik Unismuh Makassar.

Lebih lanjut Nasrun Syahrir menambahkan bahwa program yang di ikuti oleh teman-teman mahasiswa bukan hanya sekedar belajar dan menyelesaikan kewajiban, tapi bagaimana kita bisa memanfaatkan momentum ini untuk mencari inspirasi dan mampu berkontribusi sehingga mendapatkan keterampilan yang bisa di terapkan di dunia kerja nantinya. Tidak lupa adab dan etika sebagai seorang mahasiswa Muhammadiyah, diamalkan sebagai ciri khas ketika kita berkunjung ke wilayah atau ke rumah orang lain.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unismuh Makassar Dr. Abd. Rakhim Nanda berpesan bahwa ”semua mahasiswa harus bisa menyesuikan diri atau harus bisa kolaborasi dalam membangun networking mesti di landasi dengan iman dan taqwa serta persiapan dalam mengahadapi dunia yang serba modern. Ini adalah proses pendewasaan dalam kehidupan sosial dan dunia sosial itu ada medianya yaitu media sosial maka harus dewasa dan bijak dalam mengambil sebuah keputusan dan tindakan karena jika sudah terjadi maka akan panjang urusannya karena kehidupan kita sekarang banyak di genggaman orang lain” pungkasnya dalam sambutan.

Ketua Divisi Kurikulum dan MBKM Dr. Andi Mulawakkan Firdaus menambahkan dan sekaligus mengingatkan kepada semua peserta agar selogan ”Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya” di jadikan sebagai bekal mahasiswa dalam mengikuti PMM 3 ini dengan serius dan mentaati semua aturan yang berlaku baik dari Kementerian maupun di kampus asal. ”melalui PMM 3 mahasiswa berkesempatan membangun persahabatan nasional.

”Jadilah pemuda yang punya banyak bekal ilmu dan pengalaman hari ini agar besok di hari tua punya banyak bekal dalam menghadapi semua tantangan hidup, percayalah karena saya sudah membuktikannya. Terakhir bahwa jaga kesehatan dan jaga diri, nama baik keluarga serta almamater anda selama mengikuti program PMM 3. Tambah Abd. Rakhim Nanda sebelum acara pelepasan ini berakhir di ruang daring. (AR/13).